LAPORAN
PRAKTIK LAPANGAN PARIWISATA
23 S.D 30 APRIL 2012
Diajukan untuk Memenuhi Salah
Satu Syarat PLP di STBA YAPARI-ABA Bandung
OLEH
NAMA :
HUSNUL KHATIMAH
NIM :
2009.114.051
JURUSAN/KLS/PROGRAM :
BAHASA JEPANG/B/S1
SEKOLAH
TINGGI BAHASA ASING
YAPARI-ABA
BANDUNG
2012
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN PARIWISATA
23 S.D. 30 APRIL 2012
OLEH
NAMA :
HUSNUL KHATIMAH
NIM :
2009.114.051
JURUSAN/KLS/PROGRAM : BAHASA
JEPANG/B/S1
PEMBIMBING I PEMBIMBING II
(Drs. H. Ade Yusuf, M. Pd.) (Dra. Hj. Lilis Rianita,
M.Pd.)
DIKETAHUI OLEH
Ketua Pembantu Ketua I
(Drs. H. Mundari Muhada, Dipl, TEFL)
(Dr. H. Hobir Abdullah, M.Pd.)
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke khadirat Allah SWT, yang telah
memberikan rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Lapangan Pariwisata 2012, yang telah
dilaksanakan di Pulau Bali pada tanggal 23 April 2012 dan diikuti oleh
mahasiswa semester VI Jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan
Bahasa Jepang program S1 dan D3 Sekolah Tinggi Bahasa Asing YAPARI-ABA Bandung.
Penulisan laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat Praktik
Lapangan Pariwisata (PLP).
Penulisan
menyadari sepenuhnya, bahwa tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak,
kiranya sulit bagi penulis untuk dapat menyelesaikan laporan ini. Oleh karena itu,
pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada:
1 Bapak
Drs. H. Mundari Muhada, DIPL., TEFL. selaku Ketua STBA YAPARI-ABA Bandung,
2 Bapak
Dr. H. Hobir Abdullah, M.Pd, selaku Pembantu Ketua I, sekaligus sebagai Ketua Panitia dari kegiatan Praktik
lapangan Pariwisata 2012,
3 Bapak
Drs. Yayat Hidayat, M.Pd, selaku Pembantu Ketua II, sekaligus sebagai Bendahara dari kegiatan Praktik Lapangan
Pariwisata 2012,
4
Bapak Drs. H. Ade Yusuf, M.Pd, selaku Ketua
LP3M, sekaligus sebagai Sekretaris dari kegiatan Praktik Lapangan Pariwisata
2012,
5
Ibu Dra.
Hj. Hermin Djajaprawira, M.Hum, selaku Pembantu Ketua III, sekaligus sebagai
Wakil Ketua panitia dari kegiatan Praktik Lapangan Pariwisata 2012,
6
Ibu Dr. Titien Rostini, M.Hum selaku Ketua Jurusan Bahasa Jepang,
7
Bapak Dr. H. Hobir Abdullah, M. Pd, Bapak Drs.
Tomi Tamtomo, Bapak R. Januar Radhiya, M. Pd selaku pembimbing bus 3 selama PLP
berlangsung
8
Ibu Titien Rostini, M. Hum dan Ibu Dra. Hj.
Endah Satari selaku pembimbing pembuatan Laporan Praktik Pariwisata,
9
seluruh Dosen dan pihak-pihak yang terlibat
sebagai panitia Praktik Lapangan Pariwisata 2012,
Semoga semua
kebaikan yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari Allah SWT.
Penlis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan
pembaca pada umumnya. Amin
Bandung, Juni 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….. iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. v
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………… 1
1.1
Latar Belakang Penyelenggaraan PLP ………………………………… 1
1.2 Tujuan PLP
…………………………………………………………..... 2
BAB II PERJALANAN JAWA – BALI P.P.
………………………………… 3
2.1 Keberangkatan
………………………………………………………... 3
2.2 Kepulangan …………………………………………………………… 5
BAB III BALI SEBAGAI DAERAH TUJUAN
PARIWISATA (DTP) PLP .. 8
3.1
Bali Selayang Pandang ……………………………………………….. 8
3.1.1 Letak Geografis
…………………………………………………. 8
3.1.2 Keadaan Alam
…………………………………………………… 10
3.1.3 Kependudukan …………………………………………………… 10
3.1.4 Agama dan
Kepercayaan…………………………………………. 10
3.1.5 Adat
Istiadat……………………………………………………… 14
3.1.6 Kesenia dan
Kerajinan…………………………………………….. 15
3.2 Bali Sebagai Daerah Tujuan
Pariwisata ………………………………. 16
3.2.1 Modal Dasar Pariwisata Bali …………………………………….. 16
3.2.2 Jenis Daya Tarik Wisata Bali
……………………………………. 16
3.2.3 Prospek Pariwisata Bali
………………………………………….. 17
BAB IV DESKRIPSI KUNJUNGAN PLP
…………………………………… 18
4.1
Pendahuluan …………………………………………………………… 18
4.2 Kunjungan ke Lembaga Pariwisata
……………………………………. 18
4.2.1 Kunjungan ke DIPARDA
Provinsi Bali ………………………….. 18
4.2.2 Kunjungan ke BTDC Nusa Dua
Bali …………………………….. 19
4.3 Kunjungan ke Daya Tarik Wisata
…………………………………….. 21
4.3.1 Danau Beratan, Bedugul
………………………………………… 21
4.3.2 Pura Tanah Lot
………………………………………………….. 22
4.3.3 Pura Tirta Empul
………………………………………………… 23
4.3.4 Kintamani
……………………………………………………….. 24
4.3.5 Garuda Wisnu Kencana
…………………………………………. 25
4.3.6 Bajra Sandhi
…………………………………………………….. 26
4.3.7 Pantai Kuta ……………………………………………………… 27
4.4 Menyaksikan Atraksi Wisata
………………………………………… 28
4.4.1 Tari Barong Keris
………………………………………………. 28
4.4.2 Tari Kecak
……………………………………………………… 29
BAB V MINAT KHUSUS ……………………………………………………. 31
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………… 35
6.1
Kesimpulan …………………………………………………………… 35 6.2 Saran ………………………………………………………………….. 35
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………. 38
LAMPIRAN …………………………………………………………………… 39
LAPORAN
PRAKTIK LAPANGAN PARIWISATA
23 S.D 30 APRIL 2012
Diajukan untuk Memenuhi Salah
Satu Syarat PLP di STBA YAPARI-ABA Bandung
OLEH
NAMA :
HUSNUL KHATIMAH
NIM :
2009.114.051
JURUSAN/KLS/PROGRAM :
BAHASA JEPANG/B/S1
SEKOLAH
TINGGI BAHASA ASING
YAPARI-ABA
BANDUNG
2012
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN PARIWISATA
23 S.D. 30 APRIL 2012
OLEH
NAMA :
HUSNUL KHATIMAH
NIM :
2009.114.051
JURUSAN/KLS/PROGRAM : BAHASA
JEPANG/B/S1
DISAHKAN OLEH:
PEMBIMBING I PEMBIMBING II
(Drs. H. Ade Yusuf, M. Pd.) (Dra. Hj. Lilis Rianita,
M.Pd.)
DIKETAHUI OLEH
Ketua Pembantu Ketua I
(Drs. H. Mundari Muhada, Dipl, TEFL)
(Dr. H. Hobir Abdullah, M.Pd.)
KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke khadirat Allah SWT, yang telah
memberikan rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Lapangan Pariwisata 2012, yang telah
dilaksanakan di Pulau Bali pada tanggal 23 April 2012 dan diikuti oleh
mahasiswa semester VI Jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan
Bahasa Jepang program S1 dan D3 Sekolah Tinggi Bahasa Asing YAPARI-ABA Bandung.
Penulisan laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat Praktik
Lapangan Pariwisata (PLP).
Penulisan
menyadari sepenuhnya, bahwa tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak,
kiranya sulit bagi penulis untuk dapat menyelesaikan laporan ini. Oleh karena itu,
pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada:
1 Bapak
Drs. H. Mundari Muhada, DIPL., TEFL. selaku Ketua STBA YAPARI-ABA Bandung,
2 Bapak
Dr. H. Hobir Abdullah, M.Pd, selaku Pembantu Ketua I, sekaligus sebagai Ketua Panitia dari kegiatan Praktik
lapangan Pariwisata 2012,
3 Bapak
Drs. Yayat Hidayat, M.Pd, selaku Pembantu Ketua II, sekaligus sebagai Bendahara dari kegiatan Praktik Lapangan
Pariwisata 2012,
4
Bapak Drs. H. Ade Yusuf, M.Pd, selaku Ketua
LP3M, sekaligus sebagai Sekretaris dari kegiatan Praktik Lapangan Pariwisata
2012,
5
Ibu Dra.
Hj. Hermin Djajaprawira, M.Hum, selaku Pembantu Ketua III, sekaligus sebagai
Wakil Ketua panitia dari kegiatan Praktik Lapangan Pariwisata 2012,
6
Ibu Dr. Titien Rostini, M.Hum selaku Ketua Jurusan Bahasa Jepang,
7
Bapak Dr. H. Hobir Abdullah, M. Pd, Bapak Drs.
Tomi Tamtomo, Bapak R. Januar Radhiya, M. Pd selaku pembimbing bus 3 selama PLP
berlangsung
8
Ibu Titien Rostini, M. Hum dan Ibu Dra. Hj.
Endah Satari selaku pembimbing pembuatan Laporan Praktik Pariwisata,
9
seluruh Dosen dan pihak-pihak yang terlibat
sebagai panitia Praktik Lapangan Pariwisata 2012,
Semoga semua
kebaikan yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari Allah SWT.
Penlis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan
pembaca pada umumnya. Amin
Bandung, Juni 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….. iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. v
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………… 1
1.1
Latar Belakang Penyelenggaraan PLP ………………………………… 1
1.2 Tujuan PLP
…………………………………………………………..... 2
BAB II PERJALANAN JAWA – BALI P.P.
………………………………… 3
2.1 Keberangkatan
………………………………………………………... 3
2.2 Kepulangan …………………………………………………………… 5
BAB III BALI SEBAGAI DAERAH TUJUAN
PARIWISATA (DTP) PLP .. 8
3.1
Bali Selayang Pandang ……………………………………………….. 8
3.1.1 Letak Geografis
…………………………………………………. 8
3.1.2 Keadaan Alam
…………………………………………………… 10
3.1.3 Kependudukan …………………………………………………… 10
3.1.4 Agama dan
Kepercayaan…………………………………………. 10
3.1.5 Adat
Istiadat……………………………………………………… 14
3.1.6 Kesenia dan
Kerajinan…………………………………………….. 15
3.2 Bali Sebagai Daerah Tujuan
Pariwisata ………………………………. 16
3.2.1 Modal Dasar Pariwisata Bali …………………………………….. 16
3.2.2 Jenis Daya Tarik Wisata Bali
……………………………………. 16
3.2.3 Prospek Pariwisata Bali
………………………………………….. 17
BAB IV DESKRIPSI KUNJUNGAN PLP
…………………………………… 18
4.1
Pendahuluan …………………………………………………………… 18
4.2 Kunjungan ke Lembaga Pariwisata
……………………………………. 18
4.2.1 Kunjungan ke DIPARDA
Provinsi Bali ………………………….. 18
4.2.2 Kunjungan ke BTDC Nusa Dua
Bali …………………………….. 19
4.3 Kunjungan ke Daya Tarik Wisata
…………………………………….. 21
4.3.1 Danau Beratan, Bedugul
………………………………………… 21
4.3.2 Pura Tanah Lot
………………………………………………….. 22
4.3.3 Pura Tirta Empul
………………………………………………… 23
4.3.4 Kintamani
……………………………………………………….. 24
4.3.5 Garuda Wisnu Kencana
…………………………………………. 25
4.3.6 Bajra Sandhi
…………………………………………………….. 26
4.3.7 Pantai Kuta ……………………………………………………… 27
4.4 Menyaksikan Atraksi Wisata
………………………………………… 28
4.4.1 Tari Barong Keris
………………………………………………. 28
4.4.2 Tari Kecak
……………………………………………………… 29
BAB V MINAT KHUSUS ……………………………………………………. 31
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………… 35
6.1
Kesimpulan …………………………………………………………… 35 6.2 Saran ………………………………………………………………….. 35
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………. 38
LAMPIRAN …………………………………………………………………… 39
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penyelenggaraan Praktik
Lapangan Pariwisata (PLP)
Praktik Lapangan Pariwisata (PLP)
STBA YAPARI-ABA Bandung merupakan salah satu agenda wajib mahasiswa STBA
YAPARI-ABA Bandung untuk memenuhi persyaratan kelulusan dalam menempuh jenjang
pendidikan, baik S1 maupun D3. PLP juga merupakan sarana bagi para mahasiswa
dalam praktik berbahasa asing.
Pada tahun ini, Bali kembali menjadi tempat tujuan PLP yang telah dipilih
melalui angket yang diisi oleh semua mahasiswa semester VI STBA YAPARI-ABA
Bandung beberapa bulan sebelum pelaksanaan PLP. Adapun Bali menjadi satu dari
beberapa pilihan tempat tujuan PLP dikarenakan sejumlah alasan, diantaranya:
1.1.1 Bali
merupakan objek wisata termahsyur di Indonesia, yang keberadaannya diakui
mancanegara dan menjadi primadona pariwisata Indonesia bahkan dunia.
1.1.2 Bali
memiliki pemerintahan yang mengatur pariwisata secara baik dan terprogram.
1.1.3 Kualitas
dan kuantitas daya tarik wisata dan atraksi wisata ditunjang oleh fasilitas
pariwisata yang lengkap.
Praktik Lapangan Pariwisata ini berbobot 2 SKS dan diikuti oleh mahasiswa
dari semua jurusan di STBA YAPARI-ABA Bandung.
1.2
Tujuan
PLP
Adapun tujuan dari pelaksanaan PLP ini adalah:
1.2.1 Mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan
di kampus ke dalam dunia nyata sesuai dengan ilmu yang dipelajari para
mahasiswa.
1.2.2 Meningkatkan
kemampuan mahasiswa dalam berbahasa asing melalui Tour Guiding Practice yang dilaksanakan selama kunjungan di
Bali.
1.2.3 Melatih
manajemen mahasiswa dalam sebuah perjalanan wisata, mulai dari persiapan
keberangkatan hingga akhirnya menulisnya dalam sebuah laporan, dan diharapkan
dapat mengaplikasikannya dengan baik dan benar dalam dunia kerja yang akan
djalani oleh para mahasiswa kelak.
1.2.4 Melatih
keberanian mahasiswa dalam berbahasa asing dengan cara memberi kesempatan
berkunjung ke suatu objek wisata yang
memiliki jumlah native speakers yang sangat banyak, yang
diharapkan dapat menjadi stimulus, sehingga mahasiswa memiliki kecenderungan
untuk berbicara.
BAB II
PERJALANAN JAWA-BALI P.P
2.1
Perjalanan keberangkatan
From Bandung to Denpasar, mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk
menggambarkan apa yang ada di pikiran kami pada saat itu. Perjalanan panjang
yang akan sangat menyenangkan untuk ditempuh.
Pada hari Senin, tanggal 23 April 2012, kira-kira pukul 07.00 WIB seluruh
peserta berkumpul di Kampus STBA dan seluruh peserta wajib mengenakan kaos PLP
dan membawa kartu identitas. Setelah pengecekan peserta dan melakukan doa
bersama, para peserta segera menuju busnya masing-masing berdasarkan regu yang
telah ditentukan sebelumnya. Pada pukul 08.45 WIB seluruh rombongan peserta
Kuliah Kerja Lapangan Bali diberangkatkan setelah upacara pelepasan yang
dipimpin oleh Ketua STBA YAPARI-ABA Bandung. dengan menggunakan Bus Pariwisata
dari Perusahaan Bus Vista dan disambut dengan penuh bahagia oleh seluruh
mahasiswa. Seluruhan peserta PLP
berjumlah 152 mahasiswa yang didampingi oleh para pembimbing yang berjumlah 12
orang, terdiri dari para dosen pengajar STBA YAPARI-ABA Bandung. Juga terdapat
satu orang pembantu umum, dan satu orang dokter yang disiagakan untuk bertindak
bila terjadi hal-hal yang tidak
diinginkan.
Kami berangkat menuju Pulau Bali melalui jalur utara selama kurang-lebih 31
jam. Setelah pelepasan pada pukul 08.00, akhirnya kami tiba di pemberhentian pertama kami,
yaitu di rumah makan Pringsewu Tegal untuk makan siang dan menunaikan Shalat
Dzuhur dan Ashar secara dijama’. Beberapa dari kami memanfaatkan waktu break untuk beristirahat karena kami
harus menyimpan tenaga untuk melanjutkan perjalanan yang masih sangat panjang.
Pemberhentian selanjutnya akan kami capai kira-kira dalam waktu 5 jam.
Sepanjang perjalanan kami dapat menikmati
pemandangan-pemandangan seperti sawah-sawah dan gunung-gunung. Rasa bosan dan
kekakuan otot badan mulai mengganggu kami. Sepanjang jalan kami hanya duduk,
mengobrol, mendengarkan musik, bermain gitar sambil bernyanyi – nyanyi ria atau
berdiri untuk sekedar merenggangkan otot. Hal itu sering kami lakukan sepanjang
perjalanan dan mau tidak mau harus kita jalani dengan senang hati.
Pada pukul 19.30 kami tiba di pemberhentian kami yang kedua, yaitu rumah
makan Salsabil Jl. Raya Sidorejo Brangsong, Kendal. Makan malam telah tersedia,
beberapa mahasiswa ada yang langsung “menyerbu” makanan-makanan tersebut, namun
ada juga yang mencuci muka terlebih dahulu, bahkan ada sebagian mahasiswa yang
mandi, karena memang udara Jawa Tengah terasa cukup panas, dan memungkinkan
para mahasiswa untuk mandi. Ada juga yang menunaikan Shalat Magrib dan Isya
secara dijama’. Setelah selesai dengan segala kegiatan di tempat tersebut, kami
kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan, setelah pengecekan anggota regu,
kami mulai meninggalkan rumah makan Salsabil untuk melanjutkan perjalanan kami
ke Bali yang tentu saja masih sangat panjang. Kali ini kegiatan di dalam bus
tidak seramai tadi siang, karena mungkin kondisi badan para mahasiswa yang
sudah cukup lelah, dan juga hari yang sudah malam “memaksa” mahasiswa untuk
memejamkan mata dan tertidur pulas.
Kami baru melalui separuh perjalanan, namun rasanya sudah melelahkan
sekali.
Kami dijadwalkan akan tiba di rumah makan Bromo Asri Probolinggo pada pukul
05.30 WIB keesokan harinya untuk menunaikan shalat subuh dan sarapan, namun
dalam kenyataannya, waktu cukup molor, sehingga kami terpaksa mandi dan
menunaikan shalat subuh di sebuah SPBU sebelum tiba di rumah makan tersebut.
Kami sampai di rumah makan Bromo Asri Probolinggo sekitar pukul 07.30 WIB.
Setelah semua kegiatan di sana selesai, dilanjutkan dengan pengecekan anggota
regu, lalu kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Ketapang. Tiba di
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi diteruskan dengan pembagian Box Makan siang
sebelum masuk Pelabuhan Ketapang di sekitar Depo Pertamina. Setelah itu
perjalanan dilanjutkan menyeberangi laut Jawa dengan menggunakan KM Ferry
menuju pelabuhan Gilimanuk. Lamanya penyeberangan ± 45 menit. Setelah Ferry
mulai bergerak, para mahasiswa menikmati pemandangan laut yang begitu indah dan
tenang sambil mengobrol dan berfoto-foto.
Cuaca pada waktu itu juga cerah dan tidak terdapat gelombang laut yang
besar.
Kami tiba di Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 16.00 WITA Ternyata
perjalanan menuju hotel masih cukup jauh. Kami harus menempuh perjalanan
sekitar 3 sampai 4 jam lagi untuk menuju ke sana. Sayangnya perjalanan menuju
hotel berlangsung ketika hari menuju malam, sehingga kami tidak bisa melihat
dengan jelas pemandangan indah Bali
sepanjang perjalanan.
Sebelumnya dengan terlebih dahulu mampir di Rumah Makan Bumbu Desa Renon
Denpasar untuk makan malam. Sekitar pukul 21.00 WITA kami tiba di Goodway Hotel & Resort. mengambil kunci kamar dari lobi hotel, kami
langsung menuju kamar masing-masing untuk menyimpan barang-barang kami lalu
mandi kemudian tidur, karena kegiatan
yang padat telah menanti kami esok hari.
2.2 Perjalanan Pulang
(Kepulangan)
Hari Sabtu, 30 April 2012, kami meninggalkan Bali untuk kembali ke Bandung.
Tidak terasa kita sudah harus meninggalkan Pulau Dewata nan indah ini untuk
pulang. Tiga hari yang melelahkan, namun juga tiga hari yang mengesankan, tiga
hari penuh inspirasi, dan tiga hari yang tak akan terlupakan seumur hidup kami.
Kami meninggalkan Goodway Hotel &
Resort sekitar pukul 10.30 menuju ke Pelabuhan Gilimanuk. Sepanjang
perjalanan sebagian besar dari kami hanya mengahabiskan waktu dengan tidur,
mungkin karena kami sudah cukup lelah dengan semua kegiatan yang telah kami
jalani.
Sekitar pukul
15.00 kami tiba di Pelabuhan Gilimanuk untuk kembali menyebrang ke pelabuan
Ketapang. Sekitar pukul 16.00, kami tiba di Pelabuhan Ketapang dan kemudian
dibagikan Box makan siang. Setelah selesai dengan segala kegiatan di sana, kami
melanjutkan kembali perjalanan. Kira – kira pada pukul 20.00 WIB, rombongan
tiba di RM. Paiton Permai untuk santap malam dan kemudian menunaikan Shalat
Maghrib dan Isya (di jama'). Setelah selesai, kami melanjutkan kembali
perjalanan kami, nampaknya kami akan melewati malam di perjalanan.
Hari Minggu,
29 April 2012 kami tiba di RM. Lemah Ledhok Yogyakarta, untuk mandi, Shalat
Subuh dan makan pagi. Karena sesuatu yang tidak diinginkan dan menjadikan waktu
keberangkatan ke Yogyakarta menjadi sangat molor, sehingga kami harus telat
hampir 3 jam berada di RM. Lemah Ledhok.
Setelah itu rombongan menuju pusat makanan khas Yogyakarta (Baphia Java)
di Jl. Solo Yogyakarta. Kemudian menuju pusat oleh-oleh khas Yogyakarta untuk
membeli buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah. Malioboro menjadi tempat
persinggahan selanjutnya. Sekitar pada pukul 13.00 WIB, rombongan meninggalkan
kawasan Malioboro menuju ke RM. Pringsewu Magelang. Lalu kami pun melanjutkan
perjalanan. Kami diberi waktu untuk mengunjungi kawasan wisata candi borobudur
tetapi sebelumnya, kami tiba di pusat buah salak lalu kemudian pergi ke candi
borobudur. Sebelum melanjutkan kembali perjalanan dan tiba pada pukul 20.30 WIB
di RM. Kebonraja untuk makan malam sampai dengan pukul 22.00 WIB. Setelah acara
makan malam di RM. Kebonraja Semarang, kami kembali melanjutkan perjalanan
pulang menuju Bandung sampai akhirnya pada hari Senin, 30 April 2012 pukul
09.00 WIB, seluruh anggota rombongan PLP tahun 2012 tiba di kampus STBA
YAPARI–ABA Bandung.
BAB III
BALI SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA (DTP) PLP
3.1 Bali Selayang Pandang
Bali
merupakan daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di seluruh nusantara bahkan
mancanegara. Alam Bali dengan iklim tropis menjanjikan pemandangan yang sangat
indah. Meskipun sebenarnya keindahan alam pulau-pulau lain di Indonesia tidak
kalah jauh dengan Bali, namun keunikan adat istiadat di Bali menjadikan Bali
mempunyai nilai lebih di mata para wisatawan.
Sumber
daya alam Bali mungkin memang tidak sekaya sumber daya alam pulau-pulau lain di Indonesia, namun
kebudayaan dan keindahan alam yang dimiliki oleh Bali menjadi suatu sumber daya
yang tak ternilai harganya.
Hingga
kini, bali masih menjadi aset budaya bangsa yang sangat berharga. Perpaduan
antara budaya, adat istiadat, agama, serta keindahan alam yang Bali miliki
telah menjadikan Indonesia sebagai salah
satu tujuan wisata favorit turis-turis mancanegara.
Bali
merupakan salah satu kekeyaan negeri yang patut dilestarikan dan dijaga
keutuhannya.
3.1.1 Letak Geografis
Secara
geografis Pulau Bali terletak antara 8º03’40” - 8º50’48” Lintang Selatan dan 114º25’53“ – 115º42’40” Bujur
Timur. Sebelah Selatan Pulau Bali berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Barat
berbatasan dengan Selat Bali, sebelah Selatan dengan Samudra Hindia, dan
sebelah Timur berbatasan dengan Selat Lombok.
Terdapat
beberapa akses menuju Pulau Bali antara lain melalui Pelabuhan Gilimanuk,
Pelabuhan Buleleng, Pelabuhan Benoa dan Bandara Ngurah Rai.
Propinsi
Daerah Tingkat I Bali merupakan salah satu dari 33 propinsi yang ada di
Indonesia. Propinsi Bali terdiri dari beberapa pulau antara lain Pulau Bali,
Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau
Menjangan. Luas wilayah pulau Bali secara keseluruhan seluas 5.632,86 KM
persegi, yang terdiri dari 17,20% area persawahan, 10,61% area tegalan, dan
31,08% area perkebunan.
Relief
dan topografinya menunjukan bahwa di tengah Pulau Bali terbentang pegunungan
yang memanjang dari Barat sampai ke Timur. Diantara pegunungan itu terdapat dua
gunung berapi yang masih aktif yaitu, Gunung Agung dengan ketinggian 3,140 m
diatas permukaan laut dan Gunung Batur dengan ketinggian 1.717 m di atas
permukaan laut. Selain itu, Provinsi Bali memiliki empat buah danau yaitu,
Danau Beratan dengan luas 375,6 Ha, Danau Buyan dengan luas 336 Ha, Danau
Tamblingan dengan luas 10 Ha, dan Danau Batur dengan luas 1.607,5 Ha. (Achmad, Atlas Indonesia dan Dunia)
3.1.2
Keadaan Alam
Bali merupakan daerah beriklim tropis yang
dipengaruhi oleh angin musim yang berganti setiap enam bulan sekali: musim
kemarau yang berlangsung antara bulan April–Oktober, dan musim hujan yang
berlangsung antara bulan Oktober–April. Curah hujan di Bali berkisar antara
1.250 mm hingga 3.000 mm per tahun sedang temperatur bulanan bergerak antara
22,0 C dan 28.7,0 C dengan kecepatan angin berkisar 34 km/jam
hingga 14 km/jam.
Iklim
Bali yang tropis dengan pergantian 2 musim pada setiap tahun dan jajaran
pegunungan dari ujung barat ke ujung timur di tengah pulau Bali menjadikan Bali
sebagai daerah yang cukup subur. Berbagai jenis tanaman tropis dapat tumbuh
dengan baik dari lahan pegunungan yang dingin hingga lahan dataran di kawasan
pantai yang panas. (Gede, Bali Sekilas
Bali is My Life)
3.1.3
Kependudukan
Jumlah penduduk Propinsi Bali menurut DIPARDA Bali
pada sensus penduduk tahun 2000 adalah 3.146.999 orang yang tersebar di 9
kabupaten dan kota. Perbedaan ciri dan potensi antar kabupaten/kota menyebabkan
tidak meratanya persebaran penduduk Bali di semua kabupaten dan kota. Kabupaten
Buleleng dan kota Denpasar menempati status wilayah dengan jumlah penduduk
tersebar yaitu 17.74% (Buleleng) dan 13.92% (Denpasar) dari seluruh penduduk
Bali.
Penduduk
Pulau Bali tersebar di seluruh Pulau Bali. Penghuni Pulau Bali sebagian besar
adalah penduduk Bali asli, sisanya berasal dari berbagai Pulau di Nusantara dan
orang asing yang menetap di Bali. Penghuni pertama
pulau Bali diperkirakan datang pada 2500 SM yang bermigrasi dari Asia. Zaman
prasejarah kemudian berakhir dengan datangnya orang-orang Hindu dari India pada
100 SM. Di zaman kerajaan Majapahit, hampir seluruh nusantara beragama Hindu.
Namun seiring datangnya Islam, berdirilah kerajaan Islam di nusantara yang
menyebabkan runtuhnya Majapahit sekitar tahun 1500. Orang-orang Hindu banyak
yang keluar dari Pulau Jawa ke Pulau Bali. Orang Eropa yang pertama kali
menemukan Bali ialah Cornelis de Houtman dari Belanda pada 1597. Belanda lewat
VOC pun mulai melaksanakan penjajahannya di tanah Bali, menyebabkan terjadinya
perang puputan yang melibatkan seluruh rakyat baik pria maupun wanita termasuk
rajanya. Sejak berdirinya Republik Indonesia, Bali sudah menjadi bagian dari
negara kesatuan tersebut.
Penduduk
Bali dengan persentasi 93% menganut agama Hindu Dharma. Agama lainnya adalah
Islam, Kristen dan Budha. Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga
hidup dari pertanian dan perikanan. Sebagian juga memilih menjadi seniman.
Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali, dan Inggris
khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.
3.1.4 Agama dan Kepercayaan
Menurut
Om Suastiastu dalam bukunya Bali sekilas,
mayoritas penduduk yang ada di Bali menganut agama Hindu dengan jumlah 93,30%.
Sedangkan penduduk yang lainnya memeluk agama Islam dengan jumlah 5,23%,
Kristen Protestan dengan jumlah 0,51%, Katolik dengan jumlah 0,33%, dan Budha
dengan jumlah 0,58%.
Kerangka
dasar agama Hindu meliput 3 hal yaitu Tattwa
(filsafat), Tata Susila dan Upacara. Agama Hindu berdasar pada Kitab Suci
Wedha. Keseluruhan Wedha dihimpun dalam 4 Samhita,
yaitu: Reg Wedha Samhita, Sama Wedha Samhita, Yajur Wedha Samhita dan Atharwa Wedha Samhita.
Hakikat
ajaran Agama Hndu adalah Panca Cradha
yang artinya 5 keyakinan. Kelima keyakinan tersebut adalah :
·
Widi Cradha adalah keyakinan pada Sang Hyang Widhi atau Tuhan
Yang Maha Esa.
·
Atma Cradha adalah keyakinan akan adanya Atman atau jiwa pada tiap-tiap makhluk.
·
Karma Phala Cradha adalah keyakinan terhadap adanya hukum
perbuatan.
·
Purna Bhawa Cradha keyakinan terhadap akan adanya
reinkarnasi atau kelahiran kembali sesudah mati.
·
Moksa Cradha adalah keyakinan akan adanya moksa yaitu kebahagiaan yang kekal abdi.
Tempat
suci untuk pemujaan Sang Hyang Widhi termasuk manifestasinya disebut Pura.
Menurut fungsinya Pura digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu Pura Umum (tempat
suci pemujaan Sang Hyang Widhi), dan Pura Genealogis (tempat suci pemujaan roh
leluhur).
Masyarakat
Hindu Bali mengenal beberapa perayaan agama seperti Nyepi yang jatuh pada
tanggal 1 dari bulan kesepuluh (Kedusa),
Hari Raya Galungan dan Kuningan yang berdasarkan perhitungan sistem tanggalan
Jawa Bali yang terdiri atas 30 uku, masing-masing 7 hari lamanya, sehingga
jumlah seluruhnya 210 hari. Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan perayaan
umum terpenting yang mendasari 5 macam upacara (Pancayadnya), yaitu :
·
Manusia
yadnya, meliputi upacara-upacara
siklus hidup dari masa kanak-kanak sampai dewasa;
·
Pitra yadnya, merupakan upacara-upacra yang ditujukan kepada
ruh-ruh leluhur yang meliputi upacara-upacara kematian sampai pada upacara
penyucian ruh leluhur (nyekah, menukur);
·
Dewa yadnya, berkenaan dengan upacara-upacara pada kuil-kuil
umum dan keluarga;
·
Resi yadnya, merupakan upacara-upacara yang berkenaan dengan
pentahbisan pendeta (mediksa);
·
Buta yadnya, merupakan upacara-upacara yang dilakukan kepada kala dan buta yaitu ruh-ruh yang dapat mengganggu.
Penuntun
dan penyelesaian upacara itu, dilakukan oleh seorang pemimpin agama yang biasa
disebut Sulinggih.
Masyarakat
Bali meyakini adanya sistem Kasta dalam masyarakatnya yang biasa disebut dengan
Catur Wangsa atau Warna, yaitu:
·
Brahmana; Orang-orang yang ahli dalam bidang keagamaan,
biasanya menggunakan nama “Ida”.
·
Ksatria; Golongan keluarga raja, biasanya menggunakan
nama “Anak Agung” atau “Cokorda”.
·
Waisya; Golongan yang dekat dengan keluarga raja,
biasanya menggunakan nama “I Gusti”.
·
Sudra; Golongan bawah, biasanya menggunakan nama “Wayan”/”Putu” (untuk anak pertama), “Made”/”Nengah” (untuk anak ke dua), “Nyoman”/”Komang” (untuk anak ke tiga), “Ketut” (untuk anak ke empat).
3.1.5 Adat Istiadat
Pulau
Bali adalah pulau yang masyarakatnya sangat lekat dengan berbagai jenis upacara
persembahan kepada Hyang Widhi. Meskipun umat Hindu di Bali mempercayai banyak
dewa, namun masyarakat Hindu Bali memahami bahwa Tuhan adalah satu sebagai Sang
Hyang tunggal. “Bhineka Tunggal Ika Tan
Hana Dharma Mangruwa”. Begitu bait sastra yang menjadi pegangan umat Hindu
dalam memandang Tuhan sebagai penguasa jagat raya.
Hubungan
manusia dengan alam lingkungannya; sebagai angga
atau badan tergambar jelas pada tatanan wilayah hunian dan wilayah
pendukungnya (pertanian) yang dalam satu wilayah Desa Adat disebut sebagai Desa Pakraman. Hubungan manusia dengan
sesame manusia; sebagai khaya atau
tenaga yang dalam satu wilayah Desa Adat disebut sebagai Krama Desa atau warga masyarakat, adalah tenaga penggerak untuk
memadukan atma dan angga. Kesadaran akan budaya inilah yang
menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Sebagai daerah tujuan wisata
di Indonesia, Bali cenderung terbuka dalam menerima budaya asing yang bila
tidak disikapi dengan arif dan bijaksana akan menyebabkan budaya asli Bali kian
pudar. (Marbun,Indonesia Selayang Pandang
I)
3.1.6 Kesenian dan Kerajinan
Seni
dan budaya Bali cenderung diciptakan sebagai suatu persembahan kepada Maha
Pencipta diwarnai dengan rasa pengabdian yang tinggi terhadap seni tersebut
menurut Nurjaya dalam buku nya Bali
Sekilas Bali is My Life.
Seni
arsitektur Bali menerima pengaruh estetika luar. Bale Maskerdan di Puri Karangasem, Patra Wolanda, Patra Gina, dan
Patra Kuta Mesir adalah bentuk-bentuk ornamen yang diserap oleh para undagi. Seni rupa mencakup satu cabang kesenian yang terdiri dari seni
pahat, seni lukis dan seni hias. Patung-patung yang bercorak megalitik yang
berasal dari zaman prahindu, dianggap
sebagai penghubung manusia dengan nenek moyang dan kekuatan alam. Arca/patung
sebagai media komunikasi dengan dewa-dewa merupakan pengaruh Hindu Budha.
Patung bertemakan tokoh-tokoh dari kisah Ramayana dan Mahabarata sebagai salah
satu akibatnya.
Seni
kerajinan anyaman, ukiran, dan pahatan kian lama semakin menjadi kebutuhan
dalam keseharian masyarakat Hindu di Bali. Sokasi,
dufang, bokor, gerabah, dan juga berbagai perlengkapan upacara lainnya kini
menjadi ladang penghidupan bagi sebagian masyarakat Bali.
Seni
tari tradisional menurut fungsinya di golongkan atas tiga jenis: tari wali (tari sakral), yaitu tari keagamaan
yang keramat. Tari bebali, yaitu tari
pengiring upacara. Tari balih-blihan,
yaitu tari yang berfungsi sebagai hiburan.
Beberapa
jenis tari sakral antara lain tari Sang Hyang Dedari; tari Rejang Sutri; tari
Pendet; tari Baris Gede, tari Tumbak, tari Baris Jengkang, tari Baris Palung,
tari Pusi, tari Sraman, tari Tekok Jago; tari Topeng Pajangan; Wayang Lumah,
Wayang Sudhamala; tari Abuang, tari Kincang Kincung, dll.
3.2Bali sebagai Daerah Tujuan Pariwisata
3.2.1
Modal Dasar Pariwisata Bali
Modal dasar Bali yang menjadi daya tarik wisatawan
terdiri dari keindahan alamnya, budayanya, dan tentu saja masyarakatnya.
DIPARDA menegaskan bahwa daya tarik yang menjadi modal dasar pariwisata di Bali
yang menjadi alasan wisatawan untuk datang ke Bali sebesar 65% adalah kerena
Budaya Bali yang sangat khas dan terkenal, 20% karena keindahan alamnya, dan
15% karena keramahan masyarakat Bali yang terbuka menerima pengunjung.
3.2.2 Jenis Daya Tarik Wisata
Bali
Daya tarik tempat tujuan wisata berhubungan dengan
tempat kejadian, kesempatan untuk mengadakan kegiatan tertentu. Daya tarik
tempat tujuan tersebut dibagi kedalam 3 jenis yaitu:
·
Daya
tarik tempat tujuan wisata yang alamiah seperti, Gunung Batur, Pantai Kuta,
Danau Beratan, dll.
·
Daya
tarik tempat tujuan wisata yang buatan seperti, Pura Tanah Lot, Alas Kedaton,
Garuda Wisnu Kencana, Pasar Joger, Pasar Sukowati, dll
·
Daya
tarik atraksi-atraksi yang berhubungan dengan kebudayaan, olah raga, dll
3.2.3 Prospek Pariwisata Bali
Bali sebagai daerah tujuan wisata no 3 di dunia
memiliki prospek yang baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya-upaya pemerintah
daerah dan masyarakat serta para investor yang tiada henti-hentinya untuk terus
mengembangkan dan memajukan pariwisata di Bali pada khususnya dan di daerah
lain pada umumnya. Selain itu fasilitas-fasilitas yang diberikan untuk
menunjang pariwisata terus ditingkatkan. Terobosan-terobosan baru dalam
menciptakan daya tarik bagi para pengunjung, dan gencarnya promosi pariwisata
akan membuahkan hasil yang lebih baik lagi bagi pariwisata di Bali.
BAB IV
DESKRIPSI KUNJUNGAN PLP
4.1
Pendahuluan
Praktik Lapangan Pariwisata STBA YAPARI ABA Bandung tahun 2012 ke Bali bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Bali yang sudah terkenal di
mata internasional. Kami mengunjungi objek-objek wisata yang belum pernah kami
kunjungi sebelumnya, dan bahkan baru kami dengar ketika kami menginjakkan kaki
di tempat tersebut.
Di pulau Bali kami tidak hanya mengunjungi tempat-tempat wisata saja, namun
juga mengunjungi lembaga-lembaga resmi setempat, seperti DIPARDA, dan BTDC.
4.2 Kunjungan ke Lembaga Pariwisata
4.2.1 Kunjungan ke Dinas Pariwisata
Daerah (DIPARDA) Provinsi Bali
Kunjungan ke DIPARDA ini dilakukan pada hari
Rabu 25 April 2012, pada pukul 08.15-09.45 WITA. Di sana kami mendapat beberapa informasi tentang Bali yang di ceramahi
oleh Idea Ambari yang menjabat sebagai sekretaris DIPARDA. Diantaranya tentang
luas wilayah Bali dan jumlah penduduknya. Bali terdiri dari 8 Kabupaten, 1
Kotamadya, 57 Kecamatan, dan 695 Desa. Sebagian besar penduduk Bali bergerak di
bidang Kepariwisataan, hal ini karena
daerah
tujuan Wisata no. 3 di Dunia. Di Bali sendiri terdapat 3 sektor Industri yang
berkembang diantaranya:
·
Industri
Pertanian
·
Industri
Rumah Tangga
·
Industri
Pariwisata
DIPARDA
dalam upayanya mengembangkan pariwisata Bali yang dilakukan secara berkesinambungan
telah membuat keadaan Bali pulih setelah adanya peristiwa Bom Bali I dan Bom
Bali II yang membuat usaha pariwisata di Bali pada khususnya dan Indonesia pada
umumnya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Upaya-upaya yang dilakukan
DIPARDA dalam mengembangkan pariwisata Bali diantaranya:
·
Memanfaatkan
sumber daya manusia, alam dan budaya tidak melebihi daya dukung.
·
Memperhatikan
kualitas pelayanan pariwisata.
·
Menjadikan
desa wisata terpadu.
·
Meningkatkan
keamanan di kawasan-kawasan wisata dengan membangun pos-pos keamanan
·
Kembali
mempromosikan pariwisata di Bali.
4.2.2
Kunjungan ke Bali Tourism Development
Corporation (BTDC) Nusa Dua Bali
Kunjungan ke BTDC ini
dilakukan pada hari Kamis 26 April 2012,
pada pukul 08.15 WITA. Di sana kami diberi penjelasan tentang Bali pada masa
dulu oleh penceramah Bambang Siswanto dari bagian hukum BTDC, diawali dengan
pembahasan latar belakang Bali:
·
Bali
adalah sebuah pulau kecil yang luasnya ± 5.600 km² (0,29% dari luas kepulauan
Indonesia)
·
Lahan
pertanian terbatas, tidak memiliki hasil hutan, tambang ataupun minyak bumi.
·
Pulau
Bali memiliki keindahan alam dan budaya yang telah terkenal di dunia.
·
Pada
tahun 1970-an pemerintah RI memutuskan Bali sebagai daerah tujuan utama
pariwisata di Indonesia disamping Yogyakarta dan Sumatera Barat.
·
Awalnya,
pemerintah hanya mengembangkan 3 wilayah untuk dijadikan pusat pariwisata yaitu
Gilimanuk, Nusa Dua dan Padang Bai. Namun pada akhirnya Nusa Dua yang lebih di
pilih karena dengan Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Tanjung Benon. Kawasan
Nusa Dua ini dengan curah hujan sedikit, namun memiliki pantai yang sangat
indah.
Setelah itu
di lanjutkan dengan penjelasan tentang pendirian BTDC itu sendiri, diantaranya
:
·
PT.
BTDC adalah sebuah perusahaan negara yang didirikan pada Tahun 1973 berdasarkan
PP No.27 Tahun 1972.
·
Tujuan
membantu pemerintah dalam membangun nasional khususnya dalam bidang
perekonomian melaluiusaha kawasan pariwisata.
·
Kawasan Nusa Dua berasal dari hasil study
kelayakan yang mengacu kepada SCETO
Tahun 1970 yang disusun oleh Pasific Consultant Internasional dengan bantuan
dari Bank Dunia.
Visi BTDC :
mengembangkan usaha pariwisata yang berkelanjutan menjadi perusahaan
kelas dunia.
Misi BTDC : mengembangkan dan mengelola usaha pariwisata
yang berkelanjutan dengan mengoptimalkan sumber daya untuk meningkatkan nilai
tambah bagi stakholder.
4.2
Kunjungan ke Objek Wisata
4.3.1
Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandi)
Kunjungan ke Monumen
Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandi) ini dilakukan pada hari Rabu 25 April 2012,
pada pukul 10.00-11.00
WITA. Monumen Perjuangan Rakyat
Bali terletak di pusat kota Denpasar, termasuk dalam kecamatan Denpasar
Timur, tepatnya di JL. Raya Puputan, di
sebelah timur lapangan Puputan Badung dan sebelah selatan Pura Jagadnata.
Bajra Sandi merupakan
monumen perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta
merupakan lambang persembahan pelestarian jiwa perjuangan Rakyat Bali dari
generasi ke generasi dan dari jaman ke jaman yang dapat memberi inovasi dan
inspirasi dalam mengisi dan menjaga keajegan Negara Kesatuan RI.
Monumen Bajra Sandi
disahkan pada tanggal 14 Agustus 2003, oleh Ibu Megawati. Luas monumen ini 158
m² (±2 ha), monumen ini di bagi atas tiga bagian yaitu :
·
Ruang
atas yang disebut juga utama mandala
·
Ruang
Tengah yang disebut juga Madya mandala
·
Ruang
bawah yang disebut juga Nista mandala
Fasilitas- fasilitas yang terdapat di monumen ini antara lain perpustakaan,
galeri lukisan, dan bisa juga digunakan untuk tempat pameran sementara atau
berkala.
4.3.2 Danau Beratan Bedugul
Kunjungan
ke Danau Beratan Bedugul ini dilakukan pada hari Rabu 25 April 2012, pada pukul
12.30-14.30 WITA. Danau Baratan atau Bedugul terletak di Kecamatan Batu Riti, Kabupaten Tabanan. Jarak objek wisata ini adalah ± 44 Km dari Denpasar. Danau ini berada pada ketinggian
1240 m diatas permukaan laut dengan luasnya sekitar 370 Ha. Karena letaknya
yang cukup tinggi, maka tempat ini memiliki suhu yang cukup dingin.
Bedugul adalah nama sebuah pura yang
terletak di sebelah selatan danau. Pura ini didirikan sekitar awal abad ke-17.
Menurut mitosnya, dahulu kala saat Shindu Rama berjalan-jalan dalam wujud
raksasa di danau Baratan ia berbuat
suatu kesalahan yang menyebabkan ia dikutuk oleh Dewa Danu manjadi batu besar
seperti bedogol dan lama kelamaan
danau ini dikenal dengan nama danau Bedugul.
Danau Baratan / Bedugul merupakan
danau terbesar kedua di Bali. Di bagian barat danau ini terdapat perumahan
penduduk serta sebuah pura yang apabila air danau sedang tinggi maka salah satu
dari meru pura tersebut berada di tengah danau.
Fasilitas yang terdapat di daerah ini
antara lain rumah makan, sarana hiburan seperti motor boat, jet
ski, parasailing ataupun sarana memancing dan berperahu mengelilingi danau.
Fasilitas lainnya adalah toko souvenir dan juga toko makanan.
Objek wisata ini dikelola oleh Kepala
Desa Adat setempat dan pihak swasta. Manfaat yang diperoleh bagi masyarakat
sekitar adalah adanya kesempatan bagi mereka untuk membuka usaha ataupun
bekerja di hotel dan resoran. Tetapi dampak negatifnya adalah, dengan banyaknya
wisatawan, danau menjadi tercemar dengan sampah yang dibuang sembarangan.
4.3.3 Pura Tanah Lot
Kunjungan ke Pura Tanah Lot ini dilakukan pada hari Rabu 25 April 2012, pada
pukul 16.00-19.00 WITA. Objek
wisata Pura Tanah Lot terletak di Desa Braban, Kecamatan Kediri, Kabupaten
Tabanan dengan jarak sekitar 29 km dari Denpasar. Pura Tanah Lot merupakan pura
yang indah karena letaknya yang menjorok ke laut.
Tanah Lot adalah suatu batu karang
yang menyerupai gili kecil yang
dikelilingi laut. Uniknya apabila laut sedang pasang, pura ini terlihat berada
di tengah laut, tetapi apabila sedang surut, para
pengunjung dapat dengan mudah mencapai pura ini dengan berjalan kaki.
Terdapat sebuah pura diatas batu
karang itu yang didirikan sekitar abad ke-16 atas petunjuk dari Dang Hyang
Niratha yang datang dari Jawa Timur ke Bali dalam perjalanannya menelusuri
pantai selatan pulau Bali dan ketika melihat batu karang itu, beliau melakukan
meditasi. Bagian bawah Karang itu sering diterjang ombak yang besar sehingga
tebing bagian selatan dan utara membentuk goa yang banyak dihuni oleh ular-ular
laut. Ular-ular laut ini disebut juga ular-ular jinak dan tidak boleh diganggu.
Di sekitar Pura Tanah Lot ada pula
beberapa pura lain yaitu Pura Panataran, Pura Batu Bolong, Pura Hyang Api, Pura
Taman Sari dan Pura Batu Mejan.
Fasilitas yang ada di kawasan Pura
Tanah Lot antara lain tempat parkir yang luas, warung makanan dan minuman, toko
souvenir, wartel, toilet, dll. Objek wisata ini dikelola oleh Pemerintah Daerah
Tingkat II Tabanan. Daerah wisata ini terus dikembangkan dengan cara memelihara
keutuhan pura. Untuk menjaga bentuk pura ini pemerintah membangun pemecah ombak
untuk mengurangi terjangan ombak yang menghantam karang Tanah Lot.
4.3.4
Kintamani
Kunjungan ke Kintamani ini dilakukan pada hari Kamis
26 April 2012, pada pukul 11.45-13.00 WITA. Objek wisata Kintamani terletak di Desa
Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. Kintamani dikelola oleh Yayasan Bintang
Danu yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Tingkat II Bali. Jarak objek wisata Kintamani dari Denpasar ± 60 Km. Objek
ini terletak pada ketinggian 1500 m di atas permukaan laut, dengan suhu
udaranya yang sejuk di siang hari dan cukup dingin pada malam hari.
Objek wisata ini memiliki panorama
alam yang sangat indah dan merupakan tempat dengan suhu udara yang paling sejuk
di Bali. Ditempat ini para pengunjung dapat menikmati indahnya Danau Batur, dan
Gunung Batur dengan ketinggian 1717 m diatas permukaan laut dengan
temperatur udara sekitar 18º C - 22ºC. Gunung Batur merupakan satu-satunya
gunung yang masih aktif di Pulau Bali.
Fasilitas yang tersedia di derah
Kintamani ini diantaranya rumah makan, penginapan, lahan parkir, toko souvenir,
dll. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini memberi dampak positif bagi masyarakat
sekitar. Salah satu dampak positifnya adalah warga sekitar yang mendirikan
bangunan penginapan atau toko-toko. Dengan demikian dapat mengurangi jumlah
pengangguran yang ada di Bali. Selain itu pendapatan Pemerintah Daerah Tingkat
I Bali meningkat karena banyaknya
wisatawan yang datang mengunjungi daerah ini.
4.3.5 Garuda Wisnu Kencana
Kunjungan ke Garuda Wisnu Kencana ini dilakukan
pada hari Kamis 26 April 2012, pada pukul 17.45-19.30 WITA. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
dirancang sebagai kawasan yang merupakan jendela keagungan kebudayaan,
teknologi, dan perdagangan internasional. Kawasan ini dibangun di atas
perbukitan kapur Deas Ungasan di pesisir selatan Pulau Bali, dengan lokasinya
yang berada di ketinggian 286 m di atas permukaan laut.
Di atas lahan seluas 250 hektar ini
didirikan patung Garuda Wisnu Kencana dengan tingginya yang mencapai 146 m.
Patung Garuda Wisnu Kencana ini dipercaya oleh masyarakat Bali sebagai
pelindung kesejahteraan masyarakat Bali.
Pembangunan patung Garuda Wisnu
Kencana dibuat dengan konsep yang memadukan keindahan seni rupa dan
kesempurnaan teknologi. I Nyoman Nuarta adalah orang yang mempunyai inspirasi
yang kemudian membuat rancangan patung tersebut. Kemegahan patung ini dapat
dinikmati dari jauh dengan jarak puluhan kilo meter. Garuda Wisnu Kencana
merupakan patung tertinggi dan terbesar ketiga di dunia yang direncanakan untuk
menandingi Patung Liberty di New York.
Kawasan Garuda Wisnu Kencana selain memilki
daya tarik kemegahan patung GWK, di bangun pula sarana penunjangnya berupa
fasilitas fasilitas seperti Penataran Wisnu, Penataran Garuda, Plaza Kura-kura,
Street Theatre, Amphitheatre, Exhibition Hall, Lotus, Café dan Restoran,
tempat parkir yang sangat luas , dan lain-lain.
4.3.6
Pantai Kuta
Kunjungan ke Pantai Kuta ini dilakukan pada hari Jum’at
27 April 2012, pada pukul 15.15-19.00 WITA. Pantai Kuta berada di sebelah selatan
Pulau Bali di Desa Adat Kuta, Kecamatan Kuta, daerah Tingkat II Badung. Jarak
untuk mencapai pantai Kuta ini sejauh 4 km dari Ngurah Rai Air Port, dan ± 11 km dari Denpasar.
Kuta diartikan sebagai Benteng atau
Kota. Dahulu kala pantai ini adalah tempat berlabuh kapal – kapal asing, oleh
karena itu pantai Kuta dikenal sebagai kota pelabuhan.
Pantai Kuta merupakan tempat yang
paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terutama wisatawan asing yang senang
bercinta dengan ombak yang besar dari laut Indonesia yang menjadi tantangan
menarik untuk dihadapi. Tidak hanya itu, keindahan matahari terbenam menjadi
suasana romantis yang sangat cocok dinikmati oleh orang-orang yang sedang
memadu kasih.
Fasilitas yang ada di Pantai Kuta ini
sangat banyak, antara lain toko – toko souvenir, retoran, hotel, klub-klub
malam, pasar swalayan, wartel, arena olahraga, tempat parkir, café, dll. Suatu
hal menarik terlihat ditempat ini, hal itu adalah sebuah mesin unik yang dapat
membersihkan pantai dari sampah-sampah yang mengotori pantai, oleh karena itu
pantai kuta juga terkenal akan pasir putihnya yang bersih.
Dampak positif yang diperoleh adalah
meningkatnya pendapatan pemerintah daerah dan mesyarakat sekitar Pantai Kuta.
Memang betul bahwa semakin banyak wisatawan yang datang meningkat pula
pemasukan yang diperoleh, tetapi karena banyaknya wisatawan yang datang dapat
pula dipastikan bahwa akan muncul dampak negatif karenanya. Salah satu dampak
negatif itu adalah semakin banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh para
wisatawan yang kurang sadar akan arti kebersihan.
4.4 Menyaksikan Atraksi Wisata
4.4.1
Tari Kecak
Pada hari Kamis, 26 April 2012
sekitar pukul 18.00 – 19.00 WITA kami menyaksikan atraksi Tari Kecak di Taman
Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).
Fasilitas yang ada di sekitar
tempat pertunjukan Tari Keris antara lain; amphitheatre, musik gamelan,
lighting, backsound dari setiap karakter pemain drama, dan toilet.
Tari Kecak adalah sejenis Tarian Bali yang
paling unik karena tidak diiringi dengan alat musik atau gamelan, namun
diiringi dengan decakan suara sekitar 100 orang penari pria. Tarian ini asalnya
termasuk jenis tarian Sakral Sang Hyang yang diambil dari cerita Ramayana dikarang
oleh seorang Empu.
Tarian ini tidak terlepas dari hal-hal
mistik karena seorang penari menginjak bara api tanpa memakai alas kaki,
kemudian pendeta menyadarkan kembali penari tersebut.
Pementasan Tari Kecak ini dibagi dalam lima
babak yang ceritanya dapat disingkat seperti berikut :
Disebuah hutan, hiduplah Dewi Shinta, Rama
dan Adik Rama dengan tentram. Rahwana sedih karena sejak dahulu kala ia
menyukai Dewi Shinta dan ingin mendapatkannya. Pada suatu hari Rahwana
menggunakan taktik jahatnya dengan mengutus Mahapatihnya untuk menggoda Dewi
Shinta, Mahapatih berubah wujud menjadi Kijang Emas dan Dewi Shinta menyukai
Kijang tersebut. Dewi Shinta menyuruh Rama memburu Kijang tersebut di Hutan.
Tentulah Rama mengabulkan permintaan orang yang dikasihinya dengan pergi
memburu Kijang yang diinginkan oleh Dewi Shinta. Dalam kesendiriannya, Dewi Shinta diculik
oleh Rahwana untuk dijadikan Istrinya. Kemudian datanglah Hanoman untuk
membantu Dewi Shinta lepas dari cengkraman Rahwana dan Hanoman berhasil
mengalahkan Rahwana. Akhirnya Rama dan Dewi Shinta dapat hidup bersama lagi
dengan bahagia.
4.4.2 Tari Barong Keris
Pada hari Jum’at, 27 April 2012 sekitar
pukul 20.00 – 21.30 WITA kami mengunjungi Sanggar Sari Wisata Budaya Suwung
yang terletak di Jl. By Pass Ngurah Rai 896 A Br. Kajeng Pemogan untuk
menyaksikan Tari Barong Keris.
Fasilitas yang ada di Sanggar Sari Wisata
Budaya adalah kios penjual makanan, toilet, dan tempat parkir. Selain itu juga
terdapat tempat pertunjukan yang cukup luas, tempat duduk yang cukup banyak dan
media informasi.
Tari Barong Keris manggambarkan pertarungan
antara kebaikan dengan kejahatan, yakni Barong yang melambangkan “kebaikan“ dan
Rangda melambangkan “kejahatan“. Barong sendiri mirip dengan Liong ( naga )
yang berasal dari negara China, yang masuk ke Bali saat seorang wanita yang
bernama Chang Cung Hui menikah dengan seorang pemuda Bali. Barong dianggap
sebagai lambang kebahagiaan yang dipuja sebagai Dewa di desa-desa.
Pementasan Tari Barong Keris ini dibagi
dalam 5 babak yang ceritanya dapat disingkat sebagi berikut :
Munculah dua penari di sebuah hutan dan
mereka adalah pengikut dari Rangda yang sedang mencari pengikut Dewi Kunti yang
sedang dalam perjalanan untuk menemui patihnya. Tetapi pengikut Rangda berubah
menjadi setan dan memasukan roh jahat kepada pengikut Dewi Kunti.
Munculah Dewi Kunti dan anaknya Sadewa. Dewi
Kunti telah berjanji kepada Rangda untuk menyerahkan Sadewa sebagai korban.
Awalnya Dewi Kunti tidak ingin, namun setan memasukan roh jahat kepadanya.
Sehingga Dewi Kunti menyerahkan Sadewa kepada Rangda.
Lalu turunlah Dewa Siwa dan memberikan
keabadian hidup kepada Sadewa dan tidak diketahui oleh Rangda. Keabadian hidup
yang diberikan Dewa Siwa membuat Sadewa tidak dapat dibunuh oleh Rangda, dan
Rangda pun memohon untuk diselamatkan. Begitupun pengikutnya, Kalila, dia pun
memohon keselamatan kepada Sadewa. Namun hanya permintaan Rangda yang
dikabulkan oleh Sadewa. Lalu Sadewa berubah menjadi Barong karena sama
saktinya. Maka pertarungan antara barong melawan Rangda ini tidak ada yang
menang dan dengan demikian pertarungan dan perkelahian ini berlangsung terus
abadi “kebaikan” melawan “kejahatan”.
BAB
V
PERANAN SESAJEN DI BALI
1 Arti Sesajen
Sesajen atau ‘sesaji’
yang secara umum berarti sajian yang disajikan kepada yang dipertuhankan. Sesajen/ upakara/ banten adalah bentuk
fisik dari pemujaan yang bersinonim dengan kata ‘persembahan’. Sedangkan, makna
sesajen di Bali berarti wujud dari sradha bakti kita kepada Tuhan
beserta manifestasinya dan ciptaanya.
2 Fungsi Sesajen
Secara
umum fungsi sesajen sebagai bentuk penghormatan, serta doa kepada Tuhan juga
bentuk persembahan kepada para roh. Di tempatkan di berbagai tempat baik di
dalam rumah maupun di luar rumah, karena setiap penempatan memiliki arti
contohnya jika sesajen di tempatkan di depan pintu gerbang berarti diperuntukan
bagi buta kala (roh jahat) agar tidak mengganggu ke dalam rumah.
Tidak
jauh berbeda dengan daerah lainnya fungsi sesajen di Bali pun sama yaitu bentuk
pemberian terbaik sebagai pernyataan terima kasih kepada para dewa, dan
membujuk roh-roh jahat agar tidak mengganggu keharmonisan kehidupan. Di setiap
rumah, toko, jalan- jalan, pohon- pohon dan lainnya selalu ada sesajen.
Tentunya sesajen ini difungsikan sebagai alat ibadah, untuk menyembah dan
menghormati para roh yang selalu ada di sekitar mereka yang kasat mata, baik
roh jahat maupun roh baik.
3 Jenis Sesajen Bagi Umat Hindu di Bali
Jenis dari sesajen ada dua sesajen
harian dan sesajen upacara.
Sesajen harian di persembahkan saat matahari terbit, matahari tepat di atas
kepala (siang hari), dan saat matahari tenggelam.
Sedangkan
sesajen untuk setiap upacara yang dilakukan, diperlukan sesajen yang beraneka
ragam dan dalam jumlah besar. Terdapat ratusan jenis sesajen – nama,
bentuk, ukuran dan bahan yang digunakan begitu beraneka ragam. Selain itu,
terdapat juga perbedaan antara sesajen yang dipersembahkan oleh satu daerah dan
daerah lain, dan bahkan dari satu desa ke desa lain. Tetapi bentuk dasar dari
sesajen itu sendiri tidak jauh berbeda. Nasi, buah-buahan, kue, daging dan
sayuran ditata sedemikian rupa dalam wadah yang dialas dengan daun kelapa dan
dihiasi dengan dekorasi dari daun kelapa, yang disebut sampian, yang juga
berfungsi sebagai wadah sirih dan
kembang.
Ukuran sesajen dapat diperbesar atau
diperkecil agar sesuai dengan situasi upacara. Misalnya, bantenan pula gembal
biasa berisi, antara lain, berlusin-lusin adonan beras yang disajikan dalam
wadah daun kelapa. Pada upacara yang lebih tinggi, sesajen ini dibuat menjadi
tatanan menara kue berwarna-warni dalam bentuk yang spektakuler, yang tingginya
dapat mencapai beberapa meter.
Selain sesajen masal yang dikaitkan dengan upacara tertentu, setiap keluarga membawa sesajen mereka sendiri dalam ukuran besar dan berwarna-warni pada festival pura. Barisan dan kelompok wanita yang beramai-ramai membawa sesajen mereka menuju pura menghasilkan satu pemandangan yang spektakuler.
Selain sesajen masal yang dikaitkan dengan upacara tertentu, setiap keluarga membawa sesajen mereka sendiri dalam ukuran besar dan berwarna-warni pada festival pura. Barisan dan kelompok wanita yang beramai-ramai membawa sesajen mereka menuju pura menghasilkan satu pemandangan yang spektakuler.
Pada saat upacara dilakukan, seorang pendeta
akan menyucikan sesajen yang ada dengan memercikkan air suci dan membacakan doa
atau mantra. Asap dupa mengantar inti persembahan tersebut ke tujuannya
masing-masing. Persembahan sesajen harian di rumah juga dilakukan dengan cara
yang sama, yaitu dengan menggunakan air suci dan api. Setelah upacara selesai,
dan “inti” dari sesajen ini telah terbakar, sesajen ini dapat dibawa pulang ke rumah dan dikonsumsi oleh mereka yang
melakukan penyembahan.
4 Peranan Sesajen
Sesajen merupakan sebuah alat ibadah sebagai penghormatan kepada Roh- roh
leluhur yang disembah. Terutama bagi umat Hindu, menjadi bagian terpenting
dalam kepercyaan mereka. Bagi umat Hindu sesajen merupakan perwujudan dari
persembahan doa, juga rizki yang telah Tuhan turunkan bagi umat-Nya. Sehingga
sesajen banyak digunakan dalam upacara keagamaan. Seperti di Bali jika ada
upacara besar keagamaan setiap keluarga membawa sesajen dalam berbagai bentuk
dari yang kecil hingga yang besar dengan berbagai isi seperti buah- buahan,
bunga- bunga, dan lainnya.
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
Mengunjungi pulau Bali dalam kegiatan PLP yang
dilaksanakan STBA YAPARI-ABA Bandung merupakan kegiatan edukatif sekaligus menghibur.
Mengingat Bali merupakan salah satu daya tarik wisata yang “terdengar” hingga
ke pelosok mancanegara.
Selain memenuhi persyaratan kelulusan di STBA
YAPARI-ABA Bandung, PLP juga bisa menjadi sarana interaksi dengan Native Speakers, sarana mempererat
silaturahmi dengan dosen, staf kampus dan sesama mahasiswa.
PLP merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa
dipandang sebelah mata, karena keberadaannya dapat menjadikan mahasiswa menjadi
sosok yang berkualitas dengan kemampuan berbahasa yang kokoh tertanam di dalam
jiwa masing-masing.
6.2 Saran-saran
6.2.1 Kepada
Pimpinan DIPARDA dan BTDC
Harapan penulis, DIPARDA Bali dapat mengembangkan
lebih luas lagi pariwisata di Bali, mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan
baik wisatawan domestik maupun mancanegara, karena kita semua tahu bahwa
kontribusi Bali terhadap Indonesia sangat besar.
Saran
mengenai ceramah yang diberikan kepada rombongan STBA YAPARI-ABA Bandung, mohon
diberikan lebih atraktif dan variatif, karena banyak dari kami yang malah
merasa suntuk, dan bahkan beberapa mahasiswa tertidur pulas ketika mendengarkan
ceramah.
Peranan DIPARDA Bali sangat penting bagi
kemajuan Pariwisata di Pulau Bali. Oleh karena itu diharapkan kepada kepala
DIPARDA agar lebih mengembangkan dan meningkatkan lagi kemajuan objek - objek
wisata diseluruh Pulau Bali, dengan menambah dan menyediakan sarana dan
prasarana yang dapat memajukan pariwisata tersebut. Khususnya tentang
penyediaan Komotra dan preman-preman yang berkeliaran di kawasan Pantai Kuta.
Diharapkan kepada pimpinan BTDC dapat
bekerja lebih baik lagi untuk memajukan Pairiwisata di pulau Bali secara
menyeluruh dan pengembangan yang harus dilakukan oleh BTDC dalam hal Pariwisata
hendaknya jangan hanya sebatas daerah Nusa Dua saja, tetapi harus lebih
dikembangkan ke seluruh Pulau Bali. Dan mempromosikan seluruh objek wisata yang
ada di Bali khususnya dan diseluruh penjuru Indonesia pada umumnya. Agar Bali
lebih terpandang lagi di mata dunia Internasional sebagai surga dunia.
Kepada
pimpinan BTDC, ketatnya pengelolaan objek wisata maupun pengaturan turis yang
masuk dan penataan wilayah yang teratur dan terencana menjadikan BTDC contoh
yang patut ditiru, dengan kata lain akan menimbulkan kedisiplinan sendiri pada
tempat-tempat yang menjadi tujuan, ini membuat Bali bisa lebih aman dan
terkontrol. Saran penulis lebih ditingkatkan lagi keamanan yang sekarang
menjadi sorotan setelah banyaknya teror dimana-mana dan kelestarian wilayah
Bali.
6.2.2 Kepada Pimpinan STBA YAPARI-ABA Bandung
Ucapan
terimakasih yang sebesar-besarnya bagi pimpinan STBA YAPARI-ABA Bandung atas
dilaksanakannya PLP ini. Pada umumnya kegiatan sudah cukup baik dan terprogram.
Kegiatan yang serupa sudah sepatutnya dipertahankan pada tahun-tahun
berikutnya, hanya mungkin masalah tempat bisa dikondisikan kembali. Masih
banyak tempat yang potensial selain pulau Bali untuk dikunjungi. Pada kegiatan
pelaksanaan PLP ini, saya merasakan tidak mengalami kesulitan yang sangat
berarti. Saya merasakan kenyamanan dan kelancaran dalam mengikuti kegiatan PLP
ini, tetapi lebih baik lagi waktu untuk
mengunjungi suatu objek wisata diperpanjang dan jumlah kunjungan setiap harinya
jangan terlalu padat
6.2.3 Kepada Pelaksana, Ketua LP3M dan Pembimbing
PLP 2012
Kepada para
Pimpinan STBA khususnya kepada panitia pelaksana dan para pembimbing PLP Bali,
pada dasarnya pelayanan yang diberikan sudah cukup baik. Penulis hanya ingin
menyarankan agar lebih memanajemen soal waktu sehingga semua acara yang diikuti
peserta bisa berjalan dengan semestinya, tidak ada yang terlewat dan tepat
waktu.
Terjadinya waktu
yang tidak terkelola dengan baik membuat peserta merasa sangat kecewa, karena
tidak bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang semestinya dikunjungi para
peserta.
6.2.4 Kepada Pimpinan Transportasi, Akomodasi, Katering,
Daya Tarik dan Atraksi Wisata dll.
Saran untuk Transportasi dan akomodasi
cukup baik hanya lebih ditingkatkan lagi kwalitasnya demi kenyamanan bersama
dalam menikmati perjalanan, karena tempat duduk yang ada di dalam bus kurang
nyaman sehingga peserta banyak yang mengeluh kakinya pegal, sedangkan
perjalanan sangat jauh.
Untuk katering sendiri makanan yang
disediakan sangat enak dan istimewa, hanya terkadang makanan yang disediakan
kurang bervariasi sehingga merasa bosan, apalagi buah pencuci mulutnya tidak
pernah berubah.
Daya tarik dan atraksi wisata, penulis
menilai sangat bagus. Layanan informasi, toko-toko souvenir menyajikan
keteraturan dalam mengelola objek wisata. Tetapi terkadang pelayanan pelayan
toko sedikit berlebihan sehingga kami merasa takut jika ingin membeli sesuatu.
DAFTAR PUSTAKA
Chaldun, Achmad. 1990. Atlas Indonesia Dan Dunia. Surabaya: PT.
Karya Pembina Swajaya.
Marbun, SPH. 2006.
Selayang Pandang beberapa Objek dan Daya tarik Wisata
penting di Pulau Bali. Bandung: STBA YAPARI ABA Bandung.
Marbun, SPH. 2000. Indonesia
Selayang Pandang I. Bandung: STBA YAPARI ABA Bandung.
Nurjaya, Gede. 2006. Bali Sekilas Bali is My Life. Bali: Dinas Pariwisata Provinsi Bali.
Nurjaya,
Gede. 2007. “Bali Sekilas”. Denpasar
: Bali Government Tourism Office 2007
Anonim.
2005. “Sekilas Bali”. Tersedia di www.baliprov.co.id . Diakses pada tanggal
20 Mei 2011
Yudhi.
2008. “Sesajen”. Tersedia di www.surgabali.com . Diakses pada tanggal 13
Juni 2011
http://www.wikipedia.com
Jadwal Kunjungan PLP Bali 2012
No
|
Hari / Tanggal
|
Waktu
|
Objek Kunjungan
|
|||
|
|
|
||||
1
|
Rabu / 25 April 2012
|
08.15 WITA
|
DIPARDA Bali
|
|||
|
|
|
||||
|
|
11.00 WITA
|
Bajra Shandi
|
|||
|
|
|
||||
|
|
13.00 WITA
|
Danau Beratan Bedugul
|
|||
|
|
|
||||
|
|
17.00 WITA
|
Pura Tanah Lot
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
2
|
Kamis / 26 April 2012
|
08.45 WITA
|
BTDC Nusa Dua Bali
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
13.00 WITA
|
Kintamani
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
16.00 WITA
|
Garuda Wisnu Kencana
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
||||
3
|
Jumat / 27 April 2012
|
09.00 WITA
|
Pasar Sukowati
|
|||
|
|
|
||||
|
11.00 WITA
|
Pantai Kuta
|
||||
|
|
|
|
LAMPIRAN
PETA PULAU BALI
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
Goodways Hotel & Resort Persiapan keberangkatan PLP
Makan malam di Jimbaran Farewell Party
Candi Borobudur Kebersamaan di Bus 2
Angkatan 2009 Bahasa
Jepang S1 dan D3
|
|||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar